081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Cara Hemat Listrik agar Tagihan Tak Membengkak

Cara Hemat Listrik agar Tagihan Tak Membengkak

Haidiva.com-Listrik menjadi kebutuhan primer setiap rumah tangga. Penggunaan listrik yang tak terkendali akan membuat tagihan membengkak. Kita butuh cara tepat menghemat listrik agar keuangan tak menjerit.

Dikutip dari laman resmi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, ada beberapa cara menghemat energi supaya tagihan listrik tak membengkak. Kasubdit Kerja Sama dan Bimbingan Teknis Konservasi Energi FF Hendro Gunawan memaparkan sebagai berikut.

Atur target dan jam kerja

Cara Hemat Listrik agar Tagihan Tak Membengkak (Deposit Photos)

Kita perlu mengatur jam kerja peralatan elektronik kita untuk menghemat listrik. Misalnya AC hanya digunakan setiap malam, setrika seminggu sekali, atau mesin cuci hanya dipakai saat kapasitas tampung terpenuhi. Penggunaan tandon air juga lebih membuat hemat listrik karena pompa baru dinyalakan saat air benar-benar habis. Pengaturan ini akan mendukung penggunaan perangkat elektronik penunjang kerja lebih terjadwal dan berdampak positif pada produktivitas.

Baca juga: Gaya hidup minimalis atasi keuangan

Gunakan cahaya alami

Cara Hemat Listrik agar Tagihan Tak Membengkak (HyperFocal)

Gunakan pencahayaan alami dengan memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber penerangan rumah. Jadi, kita tak perlu menyalakan lampu di siang hari. Pada saat malam hari, hanya menyalakan lampu seperlunya saja.

Manfaatkan sirkulasi udara alami

Cara Hemat Listrik agar Tagihan Tak Membengkak (Istimewa)

Saat pagi hari, buka jendela lebar agar udara dapat bebas keluar masuk. Hal ini akan mengurangi pemakaian AC. Cara lain dengan menggunakan alat seperti kipas angin dan exhaust fan yang energinya lebih kecil daripada AC.

Gunakan perangkat hemat energi

Lampu LED enam kali lebih tahan lama dan terang dibanding lampu biasa (NoMoreDebts)

Perangkat hemat energi yang tepat ialah ramah lingkungan dan mendukung efisiensi. Sebelum membeli alat elektronik, pastikan benda tersebut lebih hemat energi. Ada beberapa alat elektronik yang harganya sedikit lebih mahal tetapi lebih ramah lingkungan dan penggunaanya tahan lama.

Baca juga: Usia anak boleh pakai HP

Otomasi alat elektronik

Cara Hemat Listrik agar Tagihan Tak Membengkak (Osusume)

Kita bisa menggunakan perangkat cerdas yang dikontrol melalui perangkat gadget atau diotomasi. Misalnya dalam penggunaan AC, atur waktunya secara otomatis sehingga mati sendiri ketika sudah terlelap. Atau lampu taman yang hanya menyala saat ada orang lewat di dekatnya.

Hindari penggunaan elektronik yang stand-by mode

Cara Hemat Listrik agar Tagihan Tak Membengkak (Unplug)

Alat elektronik yang disambungkan ke listrik meskipun tak digunakan, akan tetap memakan energi sekitar 20 persen dibanding saat menyala. Jadi lepas semua dari stop kontak bisa tak digunakan untuk menghemat listrik.

Pilih yang mudah dikontrol

Cara Hemat Listrik agar Tagihan Tak Membengkak (Silmi Qudud)

Kalau kesulitan mengontrol tagihan listrik pascabayar, tak ada salahnya menggunakan token atau listrik prabayar. Kamu bisa memastikan apakah penggunaan listrikmu berlebihan saat menggunakan token dan hanya mengisinya sesuai kebutuhan. Alhasil, cara ini bisa menghemat listrik agar tagihan tak membengkak.

Spread the love