081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Bukan Sekadar Lagu, Masterpiece Peninggalan Glenn Fredly

Bukan Sekadar Lagu, Masterpiece Peninggalan Glenn Fredly

Haidiva.com-Harimau mati meninggakan belang, gajah mati meninggalkan gading. Manusia mati meninggalkan karya, begitu pula musisi ternama Glenn Fredly yang meninggal Rabu malam, 8 April 2020. Tak hanya nyanyian Glen yang bisa dikenang . Ia juga membuat karya agung atau masterpiece lain yang berkonstribusi bagi orang banyak.

Perjuangan Jadikan Ambon Kota Musik Dunia

Glenn bersama Ridho Hafiedz (Slank) mendorong kota Ambon dinobatkan sebagai Kota Musik Dunia oleh Badan Pendidikan dan Kebudayaan Dunia (UNESCO) PBB. Mereka menggalang dukungan dari masyarakat melalui petisi online Change.org. Petisi itu ditujukan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan judul “Dukung Ambon Menjadi Kota Musik Dunia oleh UNESCO” pada 14 Mei 2019.

Glenn dan Ridho melalui Ambon Music Office menyerahkan formulir aplikasi kota musik kepada UNESCO. Mereka pula yang mencari dukungan dari musisi Australia dan Korea Selatan, negara jaringan kota musik dunia. Akhirnya, Ambon ditetapkan sebagai kota musik dalam daftar 66 kota kreatif di dunia pada Rabu 30 Oktober 2019, oleh Director-General of UNESCO Audrey Azoulay.

HUT Kota Ambon (Radio DMS Ambon)

Inisiator KAMI dan Konferensi Musik Indonesia

Glenn merupakan penggagas dan ketua komite Kami Musik Indonesia (KAMI). Konferensi Musik Indonesia telah dua kali digelar. Acara ini merupakan upaya menciptakan ekosistem industri musik dan menciptakan ruang bagi musisi tanah air

Kampanye Lingkungan dan Ekologi Lewat Musik

Glenn dan teman-temannya menginisasi Sinkronisasi Musik dalam Menunjang Aspek Lingkungan Hidup” pada Maret 2018. Dia bergerilya mulai dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup hingga Badan Ekonomi Kreatif.

Seperti konsep jamuan dari hutan, memperkenalkan produk hasil hutan, memperkenalkan konsep “eco friendly event” dan mitra potensial, mendorong petisi #JagaHutan, memastikan pesan perlindungan hutan yang positif tersampaikan, membuat lagu tentang hutan, dan berbagai kegiatan lainnya.

Bisnis.com

Kampanye Budaya dan Pelestarian Lingkungan untuk Indonesia Timur

Sebagai musisi dari Maluku, Glenn terketuk hatinya untuk menyuarakan isu perdamaian untuk Indonesia Timur. Glenn Fredly bersama aktivis Kontras, mengampanyekan gerakan budaya Voice From the East (VOTE). Ia pun merangkul Walhi, ICW, KontraS, Jatam, AMAN, Kiara, ANBTI, Foker Papua mengusung semboyan “Matahari yang membawa harapan telah bersinar” untuk membuat publik dan pejabat Indonesia berpaling ke Indonesia Timur.

Vote sendiri adalah kampanye sosial berbasis budaya untuk menyuarakan perdamaian, kesejahteraan, pelestarian lingkungan dan demokratisasi untuk Indonesia Timur. Tidak hanya VOTE, sebelumnya Glenn Fredly sudah terlebih dahulu mendirikan Green Music Foundation (GMF).

Karya-karya Glenn ini tentunya tak akan lekang oleh waktu. Konstribusi Glenn semakin membuat musik Indonesia ternama di mata dunia.**

Spread the love

Leave a Reply