Atasi Masalah Olahan Daging Kambing Kurban

Atasi Masalah Olahan Daging Kambing Kurban

Haidiva.com-Daging kambing kurban menjadi bahan makanan yang sering didapatkan saat Hari Raya Idul Adha. Saking melimpahnya, kita sering bingung mengolah atau menyimpannya agar tahan lama. Menurut Association of Cullinary Professionals Che Stefu Santoso, daging kambing yang baru dipotong sebaiknya tak langsung diolah, perlu proses pelayuan.

“Daging korban terlalu fresh karena baru dipotong. Tidak bisa langsung dikonsumsi, sebaiknya dilakukan proses aging atau pelayuan,” kata Chef Santoso seperti yang dikutip dari Kantor Berita Antara.

Selain itu, ada beberapa hal informasi yang membantumu mengatasi masalah olahan dagung korban.

Mengempukkan daging kambing

applestonemeat.com

Chef Santoso menyarankan daging dibungkus daun pepaya sekitar 30 menit hingga satu jam sebelum diolah. Semakin tua usia kambing maka semakin lama daging harus dibungkus. Selain itu, menyimpan daging di lemari es dengan suhu 3-5 derajat celcius selama 18 hari juga bisa membantu mengempukkan.

Teknik memotong daging kambing

Fahbench

Besaran potongan daging tentu sesuai selera tapi teknik memotong yang baik ialah yang melawan awah serat atau melintang. Tujuannya agar daging lebih mudah dikunyah.

Baca juga: Resep Rendang Ala Gordon Ramsay

Sebelum disimpan, cuci dulu

pexels.com/rawpixel.com
pexels.com/rawpixel.com

Chef Santoso mengatakan daging boleh dicuci maupun tidak. Tapi kalau daging sudah diletakkan di lantai atau tempat yang tak higienis, sebaiknya dicuci terlebih dahulu.

Menghilangkan bau prengus

Merebus daging dengan air kemudian airnya dibuang, itu tak banyak membantu menghilangkan bau prengus. Rebus daging bersama jahe, sereh, cengkeh, dan kayu manis. Setelah itu, daging siap diolah sesuai dengan masakan yang diinginkan.

Baca juga: Jenis Soto Asal Jawa Timur

Mengolah Jeroan

grist.org

Chef Santoso menyarankan mencuci bersih terlebih dahulu jeroan kambing. Kemudian direbus dengan menggunakan rempah seperti jah, sereh, cengkeh, dan kayu manis. Buang air rebusan setelah mendidih kemudian daging direbus kembali dengan rempah dan garam hingga matang.

Agar sate tak cepat gosong

Resep makanan

Daging kambing biasanya diolah menjadi sate. Untuk mencegah tidak gosong, pastikan panggangan benar-benar panas agar tak memanggang terlalu lama. Penggunaan mentega atau minyak akan membuat api membesar dan justru membuang daging cepat gosong.** karena

Spread the love