Arti Microcelebrity, Profesi Kekeyi dan Selebgram lain

Arti Microcelebrity, Profesi Kekeyi dan Selebgram lain

Haidiva.com-Para selebgram, Youtuber, hingga selebtwit bisa disebut sebagai microcelebrity. Terkenal lewat media sosial, para selebriti mikro seperti Kekeyi hingga Awkarin menjadi terkenal tanpa melewati seleksi dari industri besar. Mereka bisa sukses dan mulai dilirik industri hiburan. Contohnya Justin Bieber, mikro selebriti yang muncul dari Youtube. Semua ini berkat internet.

“Internet memungkinkan massa merebut kendali ketenaran dari media massa arus utama. Massa lah yang menciptakan microcelebrity dengan cara mengklik karya mereka melalui tetikus,” kata pakar teknologi digital dari Harvard Berkman Center, David Winberger, dikutip dari CNN.

Karin Novilda alias Awkarin

Konsep selebriti mikro muncul di tahun 2008, oleh Theresa Senft dalam bukunya yang berjudul Camgirls: Celebrity and Community ini the Age Social Network. Micro celebrity berbeda dengan selebritas yang lahir dari industri hiburan besar. Mereka lebih otentik dan lebih mempunyai interaksi dengan dengan follower mereka.

Artinya, microcelebrity bukan berarti selebriti kurang terkenal tapi lebih dilihat dari bagaimana mereka muncul di depan publik, lewat industri besar atau dari media sosial. BTS meski sering menjadi trending topic tak bisa disebut sebagai mocroselebrity karena lahir agensi atau industri hiburan. Justin Bieber meskipun menjadi penyanyi kelas A, tetap saja dia memulai kariernya sebagai microcelebrity.

Justin Bieber

Baca: Sisi Positif Panjat Sosial

Bentuk ini menjadi cara baru bagi orang yang ingin terkenal tapi sulit masuk ke industri besar. Namun sumber daya pendanaan dan dukungan yang tak sesolid industri besar, mereka butuh kreatifitas dan dukungan dari pengikutnya, baik berposisi haters maupun lovers.

Beberapa media sosial tak menghitung berapa jumlah pembenci melainkan pada penonton. Alhasil, beberapa microcelebrity tak mempermasalahkan hujatan dari pengikutnya, dan bahkan melakukan aksi yang kontroversi, karena rasa benci ternyata tetap dapat diuangkan.

Misalnya saja komandan dari Gen Halilintar, alias Atta Halilintar. Tiap bulan, Atta bisa mengantongi pendapatan hingga Rp 2 miliar per bulan tak peduli pro kontra terhadap konten yang dibuat. Begitu pula dengan Ria Ricis yang bisa mendapatkan angka di atas Rp 1 miliar setiap bulan.

Tertarik menjadi microcelebrity? Siapkan mental untuk kehilangan kehidupan pribadi dan kritikan dari netizen.

Spread the love