081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

8 Drama Korea dengan Biaya Produksi Termahal

8 Drama Korea dengan Biaya Produksi Termahal

Haidiva.com-Drama Korea semakin digemari masyarakat. Selain karena ceritanya yang menarik, proses produksinya pun tak main-main. Set produksi dibuat begitu matang dan detail, tak jarang pula menggunakan efek khusus. Biaya produksi yang dikeluarkan tentu saja tak murah, bahkan ada produser yang rela mengeluarkan biaya ratusan miliar rupiah untuk sebuah drama Korea. Penasaran apa saja drama Korea yang menyandang predikat termahal? Berikut 8 drama Korea dengan biaya produksi termahal.

1. Arthdal Chronicles (2019) – Rp687 miliar

Bukan rahasia lagi bila Arthdal Chronicles (2019) yang dibintangi Song Joong Ki dan Kim Ji Won adalah drama Korea termahal sepanjang masa. Bujet produksi yang dibutuhkan mencapai 54 miliar Won atau setara Rp687 miliar. Bercerita tentang perebutan kekuasaan antar suku kuno, tim produksi harus membangun set lokasi syuting agar visual cerita bisa tampak nyata.

2. Mr. Sunshine (2018) – Rp547 miliar

Mengisahkan tentang politik di masa Joseon dan cinta antara gadis saudagar dengan budak Joseon yang berkewarganegaraan Amerika. Film ini dibintangi oleh aktor kawakan Lee Byung-Hun Kim Tae Ri, hingga Yoo Yeon Seok. Bayaran Lee Byung Hun, pengambilan gambar yang dilakukan di luar negeri, dan nama besar sang penulis, Kim Eun Sook, membuat bujet produksi drama ini tak main-main.

3. Kingdom (2019-2020) – Rp445 miliar

Dibintangi Ju Ji Hoon, Bae Doona, dan Ryu Seung Woon, drama Kingdom mengangkat cerita tentang wabah zombie yang menyebar di era Joseon abad 15. Biaya pembuatan komponen desain sejarah menjadi sumber pengeluaran terbesar drama ini. Kingdom membutuhkan biaya lebih dari Rp37 miliar untuk memproduksi satu episode, sedangkan drama ini terdiri dari 6 episode setiap musimnya.

4. Sweet Home (2020) – Rp388 miliar

Drama adaptasi Webtoon yang dibintangi Song Kang, Lee Jin Wook, dan Lee Si Young bercerita tentang upaya warga apartemen bertahan hidup ketika menghadapi monster. Efek khusus untuk menciptakan para monster mendominasi pengeluaran biaya produksi Sweet Home. Dengan jumlah 10 episode, biaya produksi drama Korea ini mencapai 30 miliar won atau Rp 388 M.

5. The King: Eternal Monarch (2020) – Rp385 miliar

Drama yang dibintangi oleh Lee Min Ho dan Kim Go Eun ini bercerita tentang upaya Raja Lee Gon (Lee Min Ho) untuk mengembalikan keseimbangan dunia paralel akibat hilangnya seruling misterius. Biaya produksi yang besar banyak digunakan untuk membuat set fiktif Kerajaan Corea dan Republik Korea modern, serta bayaran dua bintang utamanya.

Baca Juga: Tokoh Nyata Sejarah Korea yang Disebut di Drama The King: Eternal Monarch

6. Vagabond (2019) – Rp318 miliar

Vagabond bercerita tentang Cha Dal Gun (Lee Seung Gi) yang berupaya mengungkap kecelakaan pesawat yang menewaskan keponakannya. Selain Lee Seung Gi drama ini juga dibintangi oleh Bae Suzy. Biaya produksi drama ini mencapai Rp 318 miliar karena melakukan penganmbilan gambar di beberapa negara, seperti Korea, Portugal, dan Maroko.

7. Sisyphus: The Myth (2021) – Rp254-318 miliar

Sisyphus: The Myth dibintangi oleh Cho Seung Woo dan Park Shin Hye. Drama bergenre misteri fantasi laga ini diproduksi khusus untuk memperingati perayaan 10 tahun JTBC. Drama yang tayang sepanjang 16 episode ini bercerita tentang Kang Seo Hae (Park Shin Hye) yang kembali ke masa lalu untuk menyelematkan Han Tae Sool (Cho Seung Woo). Spesial efek dan bayaran para aktor ternama, membuat biaya produksi drama ini menjadi besar.

8. Vincenzo (2021) – Rp254 miliar

Drama bergenre komedi gelap Vincenzo juga masuk dalam jajaran drama termahal. Produksi drama yang dibintangi Song Joong Ki, Jeon Yeo Bin, dan Ok Taecyeon 2PM memakan biaya sampai Rp254 miliar. Bayaran para aktor top dan efek CGI menjadi pengeluaran terbanyak bagi tim produksi drama sepanjang 20 episode ini.

Baca Juga: Rekomendasi Drama Korea Bertema Time Travel

Spread the love