081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

5 Aneka Olahan Tempe yang Bisa Kamu Coba

5 Aneka Olahan Tempe yang Bisa Kamu Coba

Haidiva.com-Siapa sih yang tak kenal tempe? Makanan asli Indonesia ini dikenal karena rasanya yang enak, mudah ditemui, dan juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Biasanya tempe diolah dengan cara digoreng, atau dicampur sambal dijadikan tempe penyet. Selain itu masih banyak pula olahan tempe yang bisa kamu coba, yang pasti unik dan menggugah selera. Apa saja? Berikut 5 aneka olahan tempe yang bisa kamu coba.

1.Steak Tempe

indozone

Bukan cuma daging yang bisa dijadikan makanan berkelas, tempe pun juga bisa. Steak tempe sangat cocok buat vegetarian, kandungan proteinnya pun tak kalah dibanding daging sapi. Cara membuatnya cukup mudah, pertama rebus tempe agar tempe mudah dihancurkan. Setelah tempe halus, campurkan dengan bawang merah, bawang putih, ketumbar, tepung terigu, garam, dan gula sekucupnya. Bentuklah adonan tempe menjadi pipih dan panggang hingga kecoklatan. Tambahkan saus dan sayur rebusan, steak tempe siap dinikmati.

2.Burger Tempe

selerasa.com

Buat kamu yang ingin mencoba fast food yang lebih sehat, kamu bisa mencoba burger tempe. Cara membuatnya pun cukup mudah, kukus tempe, kemudian haluskan. Ganti isian dagingnya dengan patty tempe yang dicampur dengan garam dan merica lalu dibalut dengan telur dan digoreng. Untuk isiannya, gunakan sayuran seperti burger pada umumnya, seperti irisan tomat, selada dan keju, hmm enak!

Baca Juga: Rekomendasi 5 Kuliner Penyetan di Surabaya

3.Sate Tempe

beautynesia.id

Buat kamu pecinta sate, yuk cobain sate tempe! Tempe yang sudah dipotong menjadi bentuk kubus dicampurkan dengan berbagai bumbu halus, seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar dan garam. Lalu, tusuk tempe dengan tusukan sate dan bakar hingga matang. Jangan lupa olesi kecap manis saat membakar sate. Setelah matang taburkan bawang goreng, dijamin enak!

4.Sosis Gulung Tempe

dapurkobe.co.id

Menu yang satu ini cocok dijadikan bekal si kecil. Cara membuatnya cukup mudah, potong tempe dengan bentuk lebar dan memanjang. Gulung sosis dengan tempe, kemudian masukkan sosis tempe yang sudah digulung ke dalam adonan tepung bumbu yang telah dicampur air. Lalu balurkan adonan ke dalam tepung kering, goreng hingga kuning kecoklatan.

5.Rolade Tempe

masakapahariini.com

Jika biasanya rolade terbuat dari cacahan daging, kamu bisa membuat rolade dengan tempe yang sudah dikukus. Seperti membuat rolade pada umumnya, hasil kukusan tempe bisa dicampur dengan berbagai bumbu, lalu diletakkan di atas telur dadar. Tambahkan beragam isian, seperti wortel dan sayuran sesuai selera. Lalu, gulung dengan telur dan potong adonan sesuai ukuran yang diinginkan. Terakhir goreng sampai matang.

Baca Juga: Resep Minang ala Gordon Ramsay, Mulai Rendang hingga Terong Balado

Spread the love