081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

3 Tips Memilih Tempat Duduk di Pesawat

3 Tips Memilih Tempat Duduk di Pesawat

Haidiva.com-Bepergian dengan pesawat saat ini sering menjadi pilihan untuk para traveler. Walaupun harga tiket pesawat bisa membumbung tinggi saat musim liburan, tampaknya tak menghalangi kebanyakan orang untuk melancong. Jika kamu bepergian seorang diri, memilih tempat duduk di pesawat tentunya menjadi hal yang penting, terutama di kelas ekonomi.

Seperti teka-teki, siapa yang duduk di sebelah kita, siapa yang duduk di belakang atau depan kita. Jika kamu dapat teman duduk yang menyebalkan, sudah pasti perjalanan pasti akan tidak menyenangkan.

Jadi bagaimana sih memilih tempat duduk yang nyaman di pesawat? Haidiva punya tipsnya untukmu.

1.Business or pleasure?

insider.com

Naik pesawat tidak hanya untuk liburan, banyak juga penumpang yang naik pesawat untuk tujuan bisnis. Nah, kalau kamu punya tujuan bisnis, sangat disarankan untuk memilih tempat duduk di barisan awal (front row). Memilih front row, kamu bisa segera keluar dari pesawat saat sudah landing di tempat tujuan, nggak perlu nunggu antrian di aisle yang sempit.

Eh, tapi front row kan bayar? Yup, banyak dari maskapai terutama yang masuk dalam kategori Low-Cost Airlines menerapkan sistem prabayar untuk memilih kursi yang kamu inginkan. Tapi, jangan berkecil hati dulu, luck comes to those who wait and smile. Ketika akan melakukan check-in, coba tanyakan ke counter apakah ada seat yang masih kosong di depan, biasanya mereka akan menyisakan kursi-kursi barisan depan untuk pilihan terakhir apabila semua kursi di barisan tengah dan belakang sudah penuh. Jadi, datang check-in lebih awal dan jangan lupa senyum.

2.Depan, Belakang atau Tengah ya?

ctvnews.com

Dilema dalam memilih tempat duduk, terutama bagi kamu yang melakukan perjalanan sendiri. Duduk baris depan nggak gratis, duduk tengah deket pintu darurat ya? Ugh takut. Kalau belakang, duh antri keluarnya lama. Jadi gimana dong? Ok, simpel tips buat kamu:

Front-row:

(+) Mudah akses keluar

(+) Legroom yang luas

(-) Kemungkinan baby bassinet atau orang-orang tua duduk di row ini, jadi mesti sabar dengan tangisan tetangga kecil

(-) Most of the time, NOT FREE!

Middle row:

(+) Legroom luas

(+) Cenderung stabil saat turbulence

(+/-) Dekat jendela darurat.

Back row:

(+) Posisi paling aman saat terjadi kecelakaan

(-) Dekat toilet

3. Aisle, Middle atau Window Seat?

holidaybays.com

Bagi kamu yang melakukan perjalan bersama keluarga atau teman-teman, pilihan ini sebenernya nggak ada masalah. Kamu bisa tukar tempat duduk dengan keluarga atau temen seperjalanan. Tapi, kalau sendiri gimana? Sebaiknya hindari middle seat. Nggak ada enaknya loh jadi orang tengah itu, serius, bingung mau naruh siku di mana.

Nah untuk kamu yang nggak mau terjebak masa lalu, eh maksudnya antara penumpang lain, sebaiknya pilih aisle seat. Buat kamu yang sering bolak-bolik toilet ada baiknya juga memilih duduk di tempat ini. Saat pesawat landing, kamu juga nggak perlu repot saat mau keluar dari pesawat.

Tapi kalau kamu sedang capek dan butuh istirahat selama perjalanan, sebaiknya pilih window seat. Selain ngga ada yang ganggu kamu saat istirahat, di window seat kamu juga bisa menikmati pemandangan angkasa yang luas sambil mengagumi kebesaran-Nya.

So, whats your choice? Semua kami kembalikan kepada kamu, yang pasti tetep nikmatin perjalanan dan hormati penumpang yang lain ya. Have a safe flight!

Kontributor Haidiva: OfficialHero, Budget traveler enthusiast and free miles hunter.

Spread the love