081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Tips Ibu Bekerja, Urusan Rumah dan Karir Lancar

Tips Ibu Bekerja, Urusan Rumah dan Karir Lancar

Haidiva.com-Bagi ibu pekerja, tak mudah rasanya menyimbangkan pekerjaan dan tugas rumah tangga. Mereka sering kali mengalami tekanan mental karena merasa harus sempurna menjalankan peran. Tentunya, membutuhkan kiat agar urusan rumah dan karir lancar.

Kondisi ini memicu beban ganda bagi perempuan dibandingkan laki-laki. Dikutip dari Herworld, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar urusan karir dan rumah lancar. Salah satunya adalah berbagi peran dan tugas bersama pasangan.

Organisir pekerjaan

Atasi Beban Ganda, Cara Nyaman Perempuan Kerja di Rumah Saat Pandemi (facebook)

Kamu harus mengatur waktu, baik di tempat kerja maupun di rumah. Caranya dengan membuat daftar pekerjaan kantor dan rumah. Kegiatan apa yang harus selesai hari ini dan apa yang bisa ditunda, bahkan bisa didelegasikan ke orang lain.

Misalnya, tak ada salahnya memesan makanan bila belajar dan bermain bersama anak lebih penting. Untuk urusan kantor, pekerjaan yang tak perlu mengambil keputusan bisa didelegasikan ke bawahan.

Baca juga: Benarkah perempuan lebih multitasking?

Buat pula daftar target minimal yang ingin dicapai dalam bekerja dan mengurus rumah tangga. Perbaruo daftar ini setiap hari, atau bisa juga diteruskan dengan setiap pekan setelah dievaluasi.

Tinggalkan pekerjaan di kantor

Kita semua tentu ingin sempurna sebagai ibu dan wanita karir. Tetapi, hal ini sering kali membuat diri kita bekerja terlalu keras. Siap lembur mengerjakan tugas setiap hari ataupun memaksa memenuhi semua kebutuhan anak dengan tangan sendiri tentu menyebabkan stres.

Jadi, buat teritori tegas antara pekerjaan dan rumah tangga. Jangan pernah membawa pekerjaan ke rumah. Sebaliknya, jangan pula membawa urusan rumah ke kantor seperti PR anak-anak.

Bila Kamu bekerja di rumah, sediakan ruang khusus yang menjadi tempat kerja. Tinggalkan semua pekerjaan itu di dalam ruangan. Dan beri pengertian anak dan suami bahwa sebaiknya tak mengganggu untuk urusan sepele saat berada di ruangan kerja.

Baca juga: Tips me-time buat perempuan sibuk

Habiskan bersama keluarga saat libur

Jangan mengurusi pekerjan saat sedang libur. Nikmati waktu bersama suami maupun anak bisa menjadi me-time dari suntuknya pekerjaan. Bahkan, percakapan mendalam bisa mengeratkan hubungan keluarga.

Mintalah bantuan

Saat lelah dengan pekerjaan dan urusan rumah, jangan segan meminta bantuan. Suami punya andil pula mengurusi urusan domestik. Berbagilah peran bersama pasangan untuk menyelesaikan urusan rumah.

Untuk urusan kantor, segera negosiasikan ulang dengan atasan saat tugas melebihi beban kerja. Usulkan alternatif penyelesaian tugas yang lebih efisien dan tetap efektif untuk mempercepat pekerjaan. Tapi ingat, urusna rumah sebaiknya tidak menjadi alasan mangkirnya dari pekerjaan.

Nikmati kesendirian

Menikmati kesendirian juga mencegah stres bekerja dan mengurus rumah tangga. Curilah kesempatan meskipun waktunya sangat singkat. Misalnya mendengarkan musik favorit saat bekerja di kantor maupun di rumah.

Menikmati kopi kesukaan setelah mengantarkan anak sekolah atau sebelum memulai pekerjaan bisa mengurangi ketegangan. Tidur barang 10 menit saat istirahat siang mampu mengurangi rasa ngantuk dan lelah seharian.

Spread the love

One thought on “Tips Ibu Bekerja, Urusan Rumah dan Karir Lancar

  1. 5 Tantangan Perempuan di Tempat Kerja Menurut Sri Mulyani
    March 14, 2022 at 1:39 pm

    […] Baca juga: Tips ibu bekerja, karir dan rumah lancar […]

Comments are closed.