Tips Fokus Bekerja Selama Pandemi COVID-19

Tips Fokus Bekerja Selama Pandemi COVID-19

Haidiva.com-Saat menyalakan televisi atau membaca berita, kabar tentang pandemi virus corona atau COVID-19 selalu muncul sepanjang 2020. Tak hanya korban jiwa, tetapi juga orang-orang yang menderita karena kehilangan pekerjaan, kebangkrutan, dan lain sebagainya. Apalagi, sebagian besar dari kita terisolasi di rumah dengan tujuan mencegah penyebaran virus.

Hal-hal tersebut tentu sulit membuat kita tetap fokus dengan pekerjaan dan target masa depan. Diperlukan ketenangan agar kita bisa bergerak maju. Berikut ini tips fokus bekerja dan mencapai target selama pandemi COVID-19

Identifikasi apa yang bisa kamu kontrol dan mana yang tidak

Identifikasi hal-hal yang bisa kamu kelola dan mana yang mesti kamu ikhlaskan. Catatlah bila perlu.  Contoh yang bisa kamu kelola adalah bagaimana menjaga kesehatan, pekerjaan, waktu luang, dan hal yang sudah pasti lainnya.

Baca juga: Untung rugi kerja dari rumah

Sedangkan sesuatu yang tak bisa dikontrol, misalnya kebisingan suara anak-anak saat kita sedang bekerja. Menyikapi hal ini, teman kerjamu saat video call tentu paham dengan kondisi ini. Memarahi anak tentu tak akan berguna dan justru malah membatasi perkembangan mereka. Jadi, ikhlaskan saja.

Jauhi ketakutan yang tak produktif

Ketakutan karena COVID-19 memang sulit dihindari. Namun, kita bisa menghindari sifat-sifat yang merupakan dampak dari ketakutan seperti egoisme, menyalahkan orang lain, dan kehilangan kepercayaan. Tiga sifat ini membuat kita mudah putus asa dan kehilangan empati pada orang lain. Saat sifat ini muncul di pikiran, segera luangkan beberapa menit dan bernafaslah dalam-dalam. Kemudian ingatlah para tenaga medis dan orang-orang yang berada di garda depan penanganan COVID-19 dan kontribusi apa yang bisa kamu lakukan untuk meringankan kerja mereka.

Hentikan kebiasaan buruk

Hentikan kebiasaan buruk seperti menunda pekerjaan, mengulur waktu, malas berolah raga, dan lain sebagainya. Saat ini, penting hidup disiplin dan terstruktur. Ketika kamu terjebak pada kemalasan, hal itu justru menjadi candu yang membuat kamu semakin sulit lepas dari kebiasaan buruk.

Baca juga: Pandemi COVID-19 Ganggu Kesehatan Mental Mahasiswa

Hindari berita untuk sementara

Bila kamu sudah merasa kewalahan dengan berita buruk terus menerus, hindari media massa dan media sosial untuk sementara. Alihkan pada berita-berita positif atau cerita lucu untuk mengangkat semangatmu kembali.**

Spread the love

2 thoughts on “Tips Fokus Bekerja Selama Pandemi COVID-19

Comments are closed.