081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Sebelum ‘Janda Bolong’, Tanaman yang Harganya Pernah Selangit

Sebelum ‘Janda Bolong’, Tanaman yang Harganya Pernah Selangit

Haidiva.com-Monstera Adanso alias si janda bolong. Tanaman ini tengah naik daun dan diburu kolektor sehingga harganya selangit, bisa mencapai 100 juta. Nyatanya, tren berburu ‘janda bolong’ juga pernah dialami oleh tanaman jenis lain.

Berikut ini sejumlah tanaman yang harganya pernah selangit seperti ‘janda bolong’. Setelah musim berlalu, nilai aneka tumbuhan hias ini tak lagi tinggi.

Gelombang Cinta

Sebelum ‘Janda Bolong’, Tanaman yang Harganya Pernah Selangit (mediatani)

Tanaman sejenis anthurium ini pernah dihargai jutaan rupiah tergantung besar dan kecilnya. Gelombang cinta ini sempat ngetren di tahun 2007. Para pecintanya bahkan menggunakan susu untuk mengelap daun gelombang cinta agar bersih dan berkilau.

Baca juga: Interior Rumah Murah Ramah Lingkungan

Euphorbia

Sebelum ‘Janda Bolong’, Tanaman yang Harganya Pernah Selangit (Viannent Plants)

Tumbuhan berduri dengan bunga warna warni sempat ramai beberapa tahun lalu. Di Thailand, duri-duri euphorbia dianggap bisa mengusir roh jahat. Namun bagi pecinta bunga, alasan utama mungkin karena penanaman euphorbia yang relatif mudah.

Aglaonema

Sebelum ‘Janda Bolong’, Tanaman yang Harganya Pernah Selangit (Mashrita.com)

Aglaonema alias puring. Tanaman ini sering ini dijumpai sebagai penghias di taman makam. Namun berkat warnanya yang cerah, puring sempat diburu di awal tahun dan harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Adenium

Sebelum ‘Janda Bolong’, Tanaman yang Harganya Pernah Selangit (Wikimedia)

Kamboja Jepang alias adenium mempunyai bunga yang indah bergerombol dan tepat jadi penghias taman. Dulu, orang memburunya sehingga harga adenium bisa ratusan juta rupiah.

Baca juga: Kenali Tipe Investor sebelum Mulai Berinvestasi

Haidiva memprediksi, tren janda bolong akan seperti pendahulunya. Jadi, beberapa tanaman ini hanyalah musiman dan tak bisa dijadikan investasi jangka panjang. Bagi kamu yang menginginkan tanaman menjadi investasi jangka panjang, sebenarnya ada di anggrek dan bonsai. Semakin langka anggreknya akan semakin mahal harganya. Sementara tanaman bonsai, semakin tua dan sulit tekniknya maka akan semakin tinggi harganya. 

Jadi, masih tertarik berinvestasi  si ‘Janda Bolong’, tanaman yang harganya selangit itu?  

Spread the love