081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Perayaan Natal Unik di Sudut Indonesia

Perayaan Natal Unik di Sudut Indonesia

Haidiva.com- Perayaan Natal sering diidentikkan dengan sang pemberi hadiah Santa Clause dan pohon natal dengan semarak hiasan. Tapi ternyata, keragaman nusantara juga ikut menambah nuansa yang berbeda di masing-masing daerah.

Berikut ini, Haidiva akan memilihkan tradisi perayaan Natal unik di berbagai daerah Indonesia.

Wayang Kulit Kelahiran Yesus di Yogyakarta

tempo.co

Perayaan Natal di Yogyakarta terasa unik karena identik dengan budaya Jawa. Pastor dan Pendeta di Yogya memimpin ibadah dengan menggunakan pakaian beskap blankon serta berbahasa Jawa. Tak lupa, pertunjukan wayang kulit bertemakan kelahiran Yesus ikut digelar. Setelah ibadah, umat Kristiani di Yogya saling mengunjungi kerabat layaknya Lebaran.

Marbinda di Sumatera Utara

suara.com

Komunitas Batak di Sumatera Utara menyembelih hewan kurban seperti kerbau atau lembu untuk menyambut Natal. Dagingnya akan dibagikan secara merata kepada yang patungan. Bila masih ada sisa uang membeli hewan kurban, makan bersama menjadi pilihan. Wah, perayaan Natal unik ini seperti Idul Kurban ya.

Dentuman Meriam Bambu di Flores, Nusa Tenggara Timur

inisuara.com

Dentuman meriam bambu akan terdengar di Flores untuk menyambut Natal. Anak-anak di sana menggunakan meriam untuk merayakan Natal dengan rasa kegembiraan. Tradisi ini akan dilakukan sampai menjelang tahun baru.

Kampung Natal di Mamasa, Sulawesi Barat

regional.kompas.com

Sekelompok pemuda kreatif di Mamasa menyulap hutan pinus menjadi destinasi wisata yang layak unggah media sosial. Kampung Natal di Desa Tondok Bakaru ini dihiasi ornamen Natal dan ribuan lampu aneka warna. Kampung Natal telah dibuka mulai awal Desember 2019 hingga 5 Januari 2020. 

Selamat merayakan Natal bagi umat Kristiani.

Spread the love