081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Manfaat Niacinamide, Zat Aktif Skincare yang Naik Daun

Manfaat Niacinamide, Zat Aktif Skincare yang Naik Daun

Haidiva.com-Niacinamide telah menjadi bahan perawatan kulit atau skincare yang sedang naik daun akhir-akhir ini. Zat aktif ini menjadi bintang di kampanye pemasaran perawatan kulit. Hampir semua jenis produk skincare dimasukkan niacinamide.

“Niacinamide populer karena beberapa alasan. Ini dapat mengurangi peradangan pada banyak kondisi kulit seperti jerawat, rosacea, dan perubahan warna pasca peradangan; ia memiliki mekanisme untuk mengurangi pigmentasi yang tidak diinginkan; dan telah menunjukkan manfaat dalam mengurangi sifat berminyak bagi mereka yang memiliki kulit lebih berminyak, ”jelas dokter kulit bersertifikat Dr. Dustin Portela seperti yang dikutip dari Marieclaire.

Nah, inilah beberapa manfaat niacinamide untuk kulit kita.

Mengurangi peradangan

Saat jerawatmu mengalami inflamasi, merah atau bernanah, kamu memerlukan zat aktif ini. Jerawat yang meradang sebenarnya adalah respon tubuh terhadap kuman dan bakteri penyebab jerawat. “Niancinamide dapat membantu mengurangi sejumlah sitokin inflamasi di kulit yang dapat menyebabkan peningkatan kemerahan dan peradangan,” jelas Dr. Portela.

Baca juga: Retinol vs retinoi, perbedaan dan manfaatnya

Memperkuat skin barrier

Ketika penghalang kulit atau skin barrier kita terganggu, kata Portela, kulit secara otomatis memproduksi sebum berlebih. Hal ini akan menyebabkan pori-pori tersumbat, komedo, dan jenis jerawat lainnya. Niacinamide dapat membantu memperkuat skin barrier tanpa membuat kulit keringf. Alhasil, kulit akan mengirimkan sinyal umpan balik untuk mengatur produksi sebum ke tingkat yang lebih normal.

Mengendalikan minyak

Niacinamide mengurangi minyak di permukaan kulit. Minyak menyediakan bahan bakar untuk bakteri penyebab jerawat. “Lebih sedikit minyak bisa berarti lebih sedikit jerawat,” kata Portela.

Baca juga: Letak jerawat di wajah berkaitan dengan kondisi kesehatan

Mengatasi hiperpigmentasi

Niacinamide tidak hanya membantu mencegah jerawat tetapi membantu proses penyembuh. Bahan aktif ini mempercepat proses penyembuhan dan memudarkan noda bekas jerawat. “Niacinamide mengurangi jumlah pigmen gelap yang disimpan ke dalam sel kulit,” jelas Dr .Portela.

Meskipun manfaatnya sulit untuk diabaikan, niacinamide tetap memerlukan tim yang baik untuk mengatasi masalah kulitmu. Misalnya zak aktif ini bisa digunakan untuk mengatasi bruntusan dan komedo saat digunakan bersama asam salisilat. Bersama benzoil peroksida, ia mengatasi peradangan jerawat.

Niacinamide bermanfaat untuk mengatasi hyperpigmentasi saat digunakan bersama retinol. Gabungan zat aktif hyaluronic acid dan niacinamide bermanfaat untuk memperbaiki skin barrier.

Spread the love