081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Makanan Tepat untuk Pasien Covid-19 yang Alami Anosmia

Makanan Tepat untuk Pasien Covid-19 yang Alami Anosmia

Haidiva.com-Pasien COVID-19 banyak yang mengalami anosmia atau gangguan penciuman bau dan rasa. Hilangnya kemampuan ini menyebabkan mereka kehilangan nafsu makan. Agar nutrisi tetap terjaga, pemilihan makanan yang tepat penting bagi pasien.

“Di panduan gizi klinis disebutkan akan mudah ketika seseorang terkena COVID-19 mengonsumsi makanan yang soft atau liquid,” ujar dokter spesialis gizi klinik dari Universitas Indonesia Juwalita Surapsari melalui webinar yang dikutip Antaranews.com.

Penderita COVID-19 yang mengalami anosmia sering tak nafsu makan sehingga kekurangan gizi. Ini justru mempersulit penyembuhan tubuh pasien. Berikut makanan yang tepat untuk pasien COVID-19 yang mengalami gangguan anosmia, atau kehilangan indra penciuman dan perasa.

Bertekstur lembut dan cair

Aneka jus berwarna cantik menyehatkan (istimewa)

Karena kehilangan kemampuan mencium dan merasakan masakan, makanan untuk pasien COVID-19 hendaknya bertekstur lembut dan cair. Tujuannya agar mudah ditelan. Aneka jus menjadi pilihan untuk dikonsumsi penderita.

Baca juga: Jus sehat warna warni, sedap dipandang

Apalagi, jus yang terbuat dari campuran buah dan sayur kaya vitamin dan mineral sehingga mempercepat pemulihan. Riset membuktikan jus mampu mencukupi kebutuhan nutrisi dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

“Asalkan mereka bisa memastikan bahan jus yang digunakan segar dan dibuat tanpa tambahan gula,” kata Juwalita.

Cukup gizi

Bubur cantik menyehatkan (everypixel)

Tentu saja, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral tidak cukup. Diperlukan nutrisi lain seperti karbohidrat, protein, bahkan lemak. Untungnya ada banyak pilihan makanan lembut dan mengandung nutrisi lain.

Jenisnya adalah bubur tanpa santan. Untuk pasien COVID-19, bubur kaya nutrisi seperti oatmeal atau kacang hijau sangat dianjurkan. Bubur juga bisa dibuat dengan tambahan wortel, telur, atau daging.

Baca juga: Aneka olahan tempe, alternatif makanan sehat bagi yang bosan

“Makanan ini mengandung protein dan serat, folat, B6, magnesium,” ujar Juwalita.

Enak dipandang

Siapa yang tidak tertarik dengan pizza dari semangka ini (simplyglutten)

Bila bau makanan tak bisa dicium dan lezatnya tak bisa dirasa, salah satu cara menggugah selera adalah lewat tampiln visual. Makanan yang terlihat enak dipandang bisa menggugah selera.

Seni menghias makanan diperlukan di sini. Aneka bahan garnish yang bisa dimakan, nutrisi baik, dan tentu juga cantik menjadi solusi. Pilih seperti hiasan dari wortel, timun, atau bahkan buah yang gampang dibentuk seperti semangka dan apel.

Bila tak punya kemampuan menghias makanan, pilih bahan yang punya warna cantik dan menarik. Sayur warna cantik seperti brokoli atau buah berwarna indah seperti strowberi dan jeruk bisa disajikan bagi penderita anosmia.

Spread the love