081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Kabar Terbaru Kasus Reynhard Sinaga, Korban Tambah Banyak

Kabar Terbaru Kasus Reynhard Sinaga, Korban Tambah Banyak

Haidiva.com-Warga Indonesia sempat menjadi perbincangan tahun lalu. Reynhard Sinaga merupakan predator pelecehan seksual di Inggris dengan korban yang melaporkan mencapai 60-an laki-laki. Ternyata, korban yang pernah dilecehkan lebih banyak dari perkiraan.

Berikut kabar terbaru kasus pelecehan seksual di Ingrris dengan pelaku Reynhard Sinaga, dikutip dari BBC.

Korban capai 206

Kamar yang digunakan Reynhard saat memperkosa

Reynhard saat ini tengah menjalani hukuman penjara seumur hidup. Ia dihukum atas dakwaan 159 serangan seksual. Awalnya, kasus ini terungkap setelah 23 laki-laki melapor. Pencarian kemudian berkembang menjadi 60 laki-laki di pertengahan tahun lalu.

Baca juga: Kasus perkosaan terbesar di Inggris yang pelakunya adalah orang Indonesia

Hingga Desember 2020, persidangan membuktikan ada 206 korban pelecehan seksual yang dilakukan laki-laki asal Depok ini. BBC menyebutkan, Reynhard mencari korbannya di luar klab-klab malam, diajak ke apartemennya, dibius dan diperkosa sepanjang Januari 2015 sampai Juni 2017.

Hukuman diperberat, tak bakal diringankan

Obat bius yang digunakan Reynhard

Awalnya, Reynhard Sinaga hanya disanksi minimal 40 tahun penjara. Namun karena banyaknya korban, ia mendapatkan hukuman seumur hidup dan tentu tak boleh mendapatkan keringanan apapun meski kelak ia berkelakuan baik.

Mahkamah Banding menyebut para hakim sepakat bahwa hukuman seumur hidup total “tidak hanya untuk” kasus pembunuhan berat saja tetapi juga kasus seperti Reynhard Sinaga. Jaksa yang menangani kasusnya sendiri mengatakan tambahan hukuman terhadap Reynhard menjadikan kasus perkosaan tersebut sebagai hukuman terparah dalam kasus yang tidak menyangkut pembunuhan.

“Terpidana melakukan serangan seksual paling keji dan bejat yang mengejutkan bangsa,” Jaksa di kantor Kejaksaan Agung Michael Ellis mengatakan itu setelah putusan.

Baca juga: Disinformasi kasus video pelecehan seksual dan bunuh diri Lovi Assumi

Foto babak belur Reynhard dirilis

Reynhard babak belur

Dikutip dari BBC, Kepolisian Manchester Raya merilis foto Reynhard Sinaga saat dia ditangkap dalam kondisi babak belur pada 2017 lalu. Reynhard tampak babak belur dengan lebam di kedua matanya. Beberapa lembar selotip medis menutup luka-luka di bagian alis mata.

Reynhard ditangkap setelah seorang korbannya siuman saat diperkosa dan melakukan perlawanan. Kebetulan, korbannya kali ini adalah seorang atlet yang berani melawan saat siuman dan tengah diperkosa.

Korban masih berjuang melawan trauma

Detektif Dorothy Orr dan Detektif Kimberley Hames-Evans

Reynhard Sinaga melakukan pelecehan dan perkosaan seksual saat korban tengah mabuk atau pingsan. Saat polisi menyita ponsel Reynhard, polisi menemukan rekaman video-video pemerkosaan mencapai ratusan jam tayangan. Kepolisian lantas menggelar penyelidikan pemerkosaan terbesar dalam sejarah Inggris.

Detektif Dorothy Orr dan Detektif Kimberley Hames-Evans menyelidiki kasus Reynhard Sinaga bersama timnya menyisir untuk mencari korban lain. Bahkan, banyak laki-laki yang belum berani melapor sebagai korban perkosaan. Hingga saat ini, beberapa korban masih mengatasi rasa traumanya.

Baca juga: Kisah Valerie Bacot, alami KDRT dan pelecehan seksual tapi malah dipenjara

“Tiba-tiba mereka terdiam dan saya melihat wajah mereka langsung berubah. Wajah mereka seolah mengatakan ‘Ya Tuhan’. Dan saya tahu bahwa dengan memberikan informasi ini, saya telah merusak hidup seseorang dan saya bisa melihatnya,” Kimberley.

Kampanye peduli laki-laki korban perkosaan

Daniel, salah satu korban Reynhard Sinaga

Berkaca pada kasus Reynhard Sinaga, banyak laki-laki yang belum paham kalau mereka bisa jadi korban perkosaan. Banyak dari korban yang enggan bicara karena malah dicemooh dan dianggap menikmati. Stigma inilah yang perlu dihilangkan.

Daniel, korban Reynhard, mengaku dirinya ditawari pendampingan untuk mengatasi traumanya. Tapi dukungan keluarga lah yang membuat ia bangkit dan membantu laki-laki korban pelecehan lainnya.

“Paling membantu adalah berbicara kepada ayah saya. Kaum laki-laki tidak berbincang soal pemerkosaan terhadap laki-laki, tapi tanggapannya luar biasa,” pungkasnya.

Spread the love