081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Ini Lagu Nasida Ria yang Berlirik Lucu Penuh Nasihat

Ini Lagu Nasida Ria yang Berlirik Lucu Penuh Nasihat

Haidiva.com-Nasida Ria viral dan ramai diperbincangkan setelah tampil di Opening Week Music Program Documenta Fifteen, Kessel Jerman. Kelompok kasidah yang dibentuk tahun 1970-an itu membawakan lagu yang menyasar isu global seperti ‘Perdamaian’, ‘Dunia dalam Berita’ dan ‘Bila Bom Nuklir Diledakkan’.

Nasida Ria memang tak pernah mati meski tren lagu religi berubah-ubah. Grup asal Semarang ini membuat lagu dengan lirik dakwah dan memberi nasihat bagi pendengarnya. Beberapa lagunya menjadi viral di Tiktok dan Instagram karena berlirik lucu.

Berikut lagu Nasida Ria yang liriknya berisi nasihat tetapi terdengar lucu.

Jangan Jual Ginjalmu

Lagu ‘Jangan Jual Ginjalmu’ sempat menjadi viral di media sosial belakangan karena liriknya yang lucu. Padahal, lagu ini sebenarnya telah diluncurkan lebih dari 20 tahun yang lalu dalam album ‘Qasidah Modern Nasida Ria Volume 12 tahun 2000’.

Berisi tentang orang yang ingin kaya dan hidup mewah tetapi sulit mendapatkan pekerjaan. Kemudian ia dinasehati untuk hidup sederhana agar tenang dan bahagia. Liriknya yang sempat dijadikan konten di tiktok adalah sebagai berikut “Mungkinkah ku menjual anggota tubuhku, sebelah mataku, atau ginjalku. Oh, siapa mau membeli organ tubuhku.’

Baca juga: Ketahui self healing lewat lagu

Wajah Ayu untuk Siapa

Lagu ‘Wajah Ayu untuk Siapa’ juga menjadi viral di media sosial. Lagu ini dibuat sealbum dengan lagu ‘Perdamaian’ yang terkenal di tahun 90-an. Namun, anak zaman sekarang lebih mengenalnya dengan judul ‘Mangga Kampret’. Isinya tentang ajakan untuk perempuan agar menjaga kehormatannya sampai menikah.

Liriknya adalah sebagai berikut, “Mangga sisa mulut kampret tak berharga dan terhina. Banyak kampret yang mengintai ingin mengenyam manisnya, setelah dimakan sedikit, mangga ditinggal ternoda. Tidak akan kuserahkan pada kampret yang durhaka.”

Jangan Coba Ekstasi

Lagu ‘Jangan Coba Ekstasi’ memang tak viral sebagai konten video. Namun liriknya sering digunakan di media sosial. Liriknya menceritakan tentang bahaya menggunakan narkoba bagi anak muda. Beberapa grup kasidah lain juga beberapa kali menyanyikannya.

Sejumlah penggalan liriknya seperti ‘Triping terus sampai pagi lupa perintah ilahi’ atau ‘Tanpa sadar lama-lama badan kurus jadi mati.’ Meme berisi penggalan lirik itu menjadi lucu jika disangkutpautkan dengan kontek tertentu.

Baca juga: Aturan royalti musik, bawa lagu kini tak lagi gratis

Bom Nuklir

Lagu Nasida Ria yang berjudul ‘Bom Nuklir’ kembali dibicarakan setelah perang Rusia versus Ukraina. Isinya tentang bahaya bom nuklir yang bisa merusak alam, tak hanya manusia saja. Kelompok musik ini menyarankan agar pembuat nuklir beralih profesi menjadi ilmuan yang menemukan teknologi pertanian.

Sebelumny, Presiden Rusia Vladimir Putin mengancam akan meledakkan nuklir bila pihak sekutu ikut campur membela Ukraina dalam perang tersebut. Sontak netizen Indonesia menyarankan Putin untuk mendengarkan lagu Nasida Ria yang berjudul ‘Bom Nuklir’. Mereka bahkan ada yang mengubah subtitlenya dengan menggunakan Bahasa Rusia.

Dunia dalam Berita

Lagu ini ikut dibawakan oleh Nasida Ria saat konser di Jerman beberapa hari lalu. ‘Dunia dalam Berita’ diciptakan di tahun 1984 dan telah dicover oleh beberapa penyanyi tanah air. Liriknya tentang kondisi dunia yang paradoks, ada yang menyenangkan dan ada yang menyedihkan.

Lagu ini juga menggambarkan tentang berbagai bencana di dunia, ada yang kebanjiran ada pula yang kekeringan. ‘Dunia dalam Berita’ dianggap oleh netizen relevan dengan kondisi saat ini.

Spread the love