#FreeBritney, Ada Apa dengan Britney Spears?

#FreeBritney, Ada Apa dengan Britney Spears?

Haidiva.com-Penggemar Britney Spears membuat gerakan #FreeBritney di media sosial. Ratusan ribu telah menandatangani petisi untuk membebaskan Britney Spears dari konservatori atau perwaliannnya. Wali Britney adalah pihak yang membuat keputusan tentang hidup dan keuangan bintang pop tersebut.

โ€œAku sayang padamu Britney, kami akan membebaskanmu,โ€ujar seorang fans.

Dikutip dari Today.com, Britney Spears harus mengikuti conservatorship atau konservatori sejak 2008 berdasarkan keputusan pengadilan. Konservatori adalah perwalian hukum ketika seseorang tidak dapat membuat keputusan sendiri karena telah tua, mengalami gangguan mental, bahkan karena terganggu kesehatan. Terkait Britney, aset keuangan bintang pop yang mencapai USD 60 juta atau sekitar Rp 850 miliar itu dikelola oleh ayahnya, Jamie Spears, dan pengacaranya. Padahal hubungan mereka tak bagus.

Para fans berunjuk rasa untuk membebaskan Britney Spears

โ€œHubungan saya dan putri saya selalu tegang,โ€ kata Jamie Spears kepada US Weekly.

Baca juga: Selebriti Dunia yang jadi korban kenekatan penggemar

Sejatinya, perwalian itu akan berakhir di Desember 2008 tepat saat Britney berusia 17 tahun. Namun pengadilan membuatnya permanen dengan alasan kesehatan mental. Sejak saat itu, Britney dalam kendali Jamie Spears bahkan ia sulit bertemu dengan dua anaknya, Jayden dan Sean Federline.

Dikutip dari Celebrity Ninemantan pasangan sekaligus ayah dari anak-anak Britney Spears, Kevin Federline, sempat menggugat Jamie Spears pada Agustus 2019. Kevin beralasan bahwa Jamie melarang Britney bertemu dengan anak-anaknya padahal mereka membutuhkan kasih sayang seorang ibu. Gugatan ini diterima dan Britney Spears mempunyai akses 30 persen tanpa pengawasan Jamie saat bertemu dengan Sean (13 tahun) dan Jayden (12 tahun).

Di dalam perwalian sejak 2008, Britney Spears baru dianggap membutuhkan bantuan oleh penggemarnya hingga tagar #freebritney menjadi tren pekan ini. Para penggemar beralasan idolanya itu menunjukkan sinyal minta bantuan lewat unggahannya di akun Instagram @Britneyspears beberapa kali.

Misalnya dalam sebuah video, Britney Spears mengenakan blouse kuning favoritnya. Ia keluar masuk bingkai layar berulang kali. Saat masuk ke layar untuk pertama kali, Britney membawa rangkaian bunga yang katanya pemberian dari  penjual bunga. Kemudian, dia berulang kali keluar masuk layar dengan kedua tangan di saku celana.

Britney juga pernah mengunggah foto mawar dengan caption โ€œShe wore flower in her hairs and carried magic secret in her eyesโ€ yang merupakan kutipan dari novel The God of All Things yang dituli Arundhati Roy. Novel ini menceritakan tentang seorang perempuan yang hidup terkekang oleh keluarga dan kerabatnya.

Baca juga: Tak Hanya BTS, Artis Korea Laporkan Haters

Natal tahun lalu, Britney Spears mengunggah video dengan wajah yang dianggap berantakan oleh penggemar. Dia menulis “There’s no reason to ever go out of your way to make mean comments and bully people.”

Unggahan-unggahan inilah yang disebut oleh penggemar Britney Spears sebagai sinyal meminta pertolongan. Mereka berharap Britney Spears dibebaskan dari perwalian dan mempunyai pengacaranya sendiri agar bebas memilih jalan hidup.

Kita mungkin memang tak tahu persis apa yang dialami Britney Spears dan bagaimana kehidupan dia sebenarnya. Tapi di luar itu, kita tak bisa menyangkal bahwa ia terlihat berantakan meskipun selalu menjadi bintang pop di hati para penggemarnya.**

Spread the love