081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Fakta Youn Yuh Jung, Aktris Korea Pemenang Oscar

Fakta Youn Yuh Jung, Aktris Korea Pemenang Oscar

Haidiva.com-Aktris senior Korea Selatan, Youn Yuh Jung, meraih piala Oscar sebagai Aktris Pendukung Terbaik di 93rd Academy Award. Berkat film “Minari”, nenek usia 73 tahun ini memenangkan hampir 40 penghargaan bergengsi di ajang internasional.

“Aku berasal dari Korea dan namaku Youn Yuh-jung. Sebagian besar orang Eropa memanggilku Yuh-Youn, dan sebagian mereka memanggil Yuh Jung. Tapi malam ini, kalian semua dimaafkan,” kelakar Youn Yuh Jung setelah menerima piala Oscar dari Brad Pitt.

Dikutip dari Asia Tatler, berikut fakta menarik Youn Yuh Jung.

Tak sengaja debut

Youn Yuh Jung sebenarnya tak pernah bermimpi menjadi bintang film alias aktris. Saat remaja, ia terlibat di acara permainan anak-anak dan bertugas sebagai pemberi hadiah kepada penonton. Sutradara pertunjukan kemudian menyarankan Yuh-jung mengikuti audisi drama.

Saat itu, ia gagal kuliah yang membuat ibunya sangat kecewa karena pendidikan bagi keluarga mereka sangatlah penting. Yuh-jung akhirnya mengejar karir akting untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca juga: Keys to The Heart, film Youn Yuh Jung jadi ibu Lee Byunghun dan Park Jungmin

Yuh-jung mulai debut di drama Korea berjudul Mister Gong pada tahun 1967. Dua tahun kemudian, ia memenangkan piala pertamanya sebagai pendatang baru terbaik di TBC Drama Awards.

Pernah berakting untuk film dewasa

Youn Yuh Jung melakoni banyak akting mulai dari film hingga drama televisi dengan berbagai genre. Ia melakoninya selama 50 tahun. Saat ini, Yuh-jung memang dikenal sebagai aktris yang bermain untuk tayangan berating PG (peringkat yang bisa ditonton bersama keluarga).

Namun generasi yang lebih tua pasti tahu dia banyak bermain untuk film dewasa. Ia pernah berakting buka-bukaan di film Insect Woman (1972) dan Women of Fire (1971). Aktingnya dipuji oleh sutradara Kim Ki-young.

Pernah jadi imigran di Amerika

Di Minari, Youn Yuh Jung memang menjadi nenek imigran yang lucu dan hangat. Film Minari merupakan semi-dokumenter masa kecil sutradara Amerika keturunan Korea Lee Isaac Chung tentang neneknya yang hangat.

Baca juga: Film Korea tentang mudik ke kampung halaman

Sejatinya, ia juga pernah bermigrasi saat menikah dengan penyanyi Jo Young Nam di tengah puncak karirnya. Selama di Amerika Serikat, dia mengabdikan diri sebagai ibu rumah tangga dan membesarkan dua anak laki-lakinya.

Ibu tunggal yang kuat

Setelah suaminya berselingkuh, ia kembali ke Korea bersama putra-putranya. Youn Yuh Jung memilih bercerai dan membesarkan kedua anaknya sebagai ibu tunggal. Ia kemudian melanjutkan karier sebagai aktris.  

Tentu tak mudah bagi Yuh Jung kembali berakting. Statusnya sebagai janda sempat menimbulkan stigma negatif di era itu. Ia harus bekerja keras untuk mengembalikan namanya.

Yuh-jung dipuji karena berhasil comeback setelah hiatus hampir 10 tahun di akhir tahun 70-an hingga 80-an. Ini tentu bukan hal yang mudah bagi aktris paruh baya. Karyanya hampir semua mendapatkan tanggapan positif dari kritikus dan penonton.

Usia hanyalah sekadar angka

Meski sudah tak muda lagi, bukan berarti Youn Yuh Jung tergilas oleh pemain yang lebih muda. Ia masih sering mendapatkan peran utama dan rajin menyabet penghargaan.

Baca juga: Film Korea mind blowing, karya Bong Joon Ho dan Park Chan Wook

Di film Minari, Yuh-jung bahkan bekerja lebih keras dibanding pemeran muda lainnya karena Bahasa Inggrisnya tak selancar pemain lain. Berakting di tengah cuaca panas, tentu bukan hal mudah bagi pemain sepuh ini. Namun, ia tak pernah mengeluh.

“Saya masih hidup dan sangat menikmati dunia akting,” kata Yuh-jung dikutip dari The New York Times.

Dituntut menang Oscar karena Parasite

Setelah Parasite menang di Academy Award tahun 2019, Youn Yuh Jung merasa seolah dituntut oleh penggemar Korea untuk mendapatkan Oscar pula. Tapi ia merasa beruntung karena penggemar film Amerika Serikat mulai memperhatikan film Korea setelah Parasite menang.

“Mereka berharap saya bisa menang. Saya terus mengatakan kepadanya (Bong Joon-ho), ini semua gara-gara kamu!” candaan Youn Yuh-jung yang tentu disambut geli oleh sutradara itu.

Spread the love