081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Ketahui Arti dan Kelebihan Menstrual Cup, Pengganti Pembalut

Ketahui Arti dan Kelebihan Menstrual Cup, Pengganti Pembalut

Menstrual cup bisa menjadi produk pengganti pembalut saat perempuan mengalami menstruasi. Produk menstrual cup adalah alat higenis yang ditempatkan di vagina saat mengalami menstruasi. Produk ini dianggap mempunyai kelebihan dibanding menggunakan pembalut biasa.

Semua perempuan pasti tahu betul, kalau pembalut adalah salah satu kebutuhan yang paling penting. Bahkan sejak sebelum tahun 1900, jenis pembalut atau alat yang digunakan untuk menampung darah menstruasi yang dipakai oleh wanita terus bertransformasi menjadi berbagai macam jenis, mulai dari tampon, reusable cloth, period underwear, maxi pad, dan yang paling sering digunakan akhir-akhir ini, menstrual cup.

Sejak beberapa dekade belakangan, jenis pembalut yang paling umum digunakan oleh wanita Indonesia adalah maxi pad yang memberikan kenyamanan selama menstruasi, berkat daya serap yang tinggi, harga terjangkau, dan kemudahannya untuk didapatkan di mana-mana. Sayangnya, memakai maxi pad ternyata sangat beresiko pada kesehatan vagina dan juga kondisi lingkungan. Mungkin kamu belum tahu, namun efek pemakaian pembalut yang hanya bisa dipakai satu kali ini bisa menyebabkan iritasi, alergi, bahkan gangguan reproduksi.

Nah, buat kamu yang belum pernah dengar tentang yang namanya menstrual cup, tenang saja, kamu nggak perlu merasa kurang update! Memang, kemunculan menstrual cup ini baru-baru saja santer terdengar.

Apasih menstrual cup itu?

Menstrual cup adalah alat yang digunakan untuk menampung darah menstruasi, yang berbentuk seperti corong minyak dan terbuat dari bahan silikon. Untuk memakai menstrual cup memang tidak akan semudah dan praktis memakai pembalut biasa, namun kamu tidak perlu membeli setiap kali menstruasi, seperti halnya pembalut. Karena, satu menstrual cup dapat dipakai hingga 10 tahun! Dengan begitu, kamu juga akan mengurangi jumlah sampah yang kamu buang setiap bulannya, yang tentunya akan sangat menguntungkan untuk lingkungan sekitar kamu.

Cara memakai

Seperti halnya tampon, cara memakai menstrual cup adalah dengan memasukkannya ke dalam vagina kamu. Ada dua jenis ukuran yang tersedia untuk setiap merek menstrual cup yang ada di luar sana — ukuran kecil yang biasanya digunakan untuk kamu-kamu yang belum sexually active, dan ukuran lebih besar yang dapat digunakan oleh kamu yang sudah pernah melahirkan secara vaginal atau sudah sexually active sejak lama. Kalau masih bingung cara pakainya gimana, kamu bisa kok langsung cari aja di search engine, karena sudah lumayan banyak wanita-wanita yang menggunakan menstrual cup ini, demi kesehatan diri mereka dan tentunya bumi kita ini!

Penggunaan menstrual cup di masa kini

Walaupun sudah ada banyak perempuan yang menggunakan menstrual cup, masih banyak juga yang masih merasa belum nyaman atau belum ingin menggunakan menstrual cup dikarenakan berbagai alasan. Mungkin memang benar, bahwa penggunaannya tidak akan semudah pembalut biasa, namun, kamu hanya perlu banyak latihan dan membiasakan diri. Percaya deh, lama kelamaan pasti akan mulai terbiasa dengan keribetannya dan malah makin lama kamu akan semakin nyaman menggunakan menstrual cup dan ogah balik ke pembalut biasa. Apalagi kamu juga akan sangat membantu menyelamatkan bumi kita ini, lho. Ingat, sekalipun kontribusi kita sangat sedikit, pasti akan sangat membantu.

Spread the love

2 thoughts on “Ketahui Arti dan Kelebihan Menstrual Cup, Pengganti Pembalut

  1. COVID-19 Sebabkan Krisis Pembalut Wanita di India
    July 4, 2020 at 10:33 pm

    […] Baca juga: Ketahui Menstrual Cup dan Kelebihannya Dibanding Pembalut Biasa […]

  2. Skotlandia Gratiskan Pembalut Menstruasi di Fasilitas Umum
    November 26, 2020 at 12:12 pm

    […] Baca juga: Menstrual Cup, Pengganti Pembalut yang Ramah Lingkungan […]

Leave a Reply