081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Cemas Selama Pandemi, Ini Cara Ibu Atasinya

Cemas Selama Pandemi, Ini Cara Ibu Atasinya

Haidiva.com-Bocah yang sulit diatur saat sekolah di rumah. Working from home ditambah dengan pekerjaan rumah tangga, membuat para ibu sering mengalami kecemasan selama pandemi. Apalagi kalau semua anggota keluarga berkumpul, ‘me time‘ pun sulit diperoleh. Kita perlu cara mengatasi kecemasan selama pandemi.

Mari kita hadapi. Pandemi virus corona atau COVID-19 pasti memicu stres dan kecemasan. Kecemasan akan mengganggu kekebalan tubuh. Kondisi ibu akan mempengaruhi kesehatan mental anak. Nah, berikut ini cara para ibu mengatasi kecemasan selama pandemi dikutip dari laman mother.ly :

Pilih kapan mengecek informasi

Cemas Selama Pandemi, Ini Cara Ibu Atasinya (Istimewa)
Shot of happy young female student sitting at table reading text message on her cell phone. Asian girl using mobile phone at college library.

Ada waktunya kamu mengonsumsi berita dan informasi seputar covid-19. Sebaiknya, tidak membaca informasi tentang COVID-19  sebelum tidur atau setelah bangun tidur karena itu akan memicu kecemasan. Tentukan waktu yang tepat dan tidak mengganggu aktivitasmu.

Baca juga: Cara Atasi Stres Pada Anak

Cari sandaran

Cemas Selama Pandemi, Ini Cara Ibu Atasinya
Cemas Selama Pandemi, Ini Cara Ibu Atasinya (Istimewa)

Saat kamu mendapatkan informasi tak menyenangkan ataupun menghadapi hal yang susah diurus, kamu butuh sandaran. Temukan sosok yang bisa menjadi pendengar yang baik tanpa menghakimi.

Buat jurnal harian

Cemas Selama Pandemi, Ini Cara Ibu Atasinya (Istimewa)

Membuat jurnal harian bisa mengurangi tekanan yang ada di hatimu. Sebelum tidur, tulis seluruh kegiatan selama sehari penuh baik yang menyenangkan maupun yang menyebalkan. Setelah sesuatu yang membuatmu cemas ditulis, berhenti memikirkannya dan fokuslah pada hal yang menyenangkan.

Tetap terhubung dengan dunia luar

Cemas Selama Pandemi, Ini Cara Ibu Atasinya (Istimewa)

Untunglah teknologi komunikasi semakin canggih. Kita tak perlu keluar rumah untuk tetap bersilaturahmi. Menanyakan kabar atau sekadar berbincang ringan membuatmu tetap terhubung dengan dunia luar.

Baca juga: Belajar Syukur dengan Cara Mudah

Jujur kepada anak

Cemas Selama Pandemi, Ini Cara Ibu Atasinya (istimewa)

Saat perasaan sedang memburuk, utarakan pada anak secara jujur. Jika mereka mengajukan pertanyaan atau ingin berbagi ketakutan, katakan dengan sejujurnya kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi. Tapi jangan lupa tetap mengatakan kata-kata ajaib menenangkan yaitu badai akan berlalu dan mari melewati masa sulit dengan saling menjaga dan tetap bersama.

Pilih metode self care terbaik

Cemas Selama Pandemi, Ini Cara Ibu Atasinya (istimewa)

Saat ini, kita tidak perlu enggan mengeluarkan dana dan waktu lebih untuk perawatan tubuh dan mental terbaik. Ingat, terbaik bukan berarti termahal tapi yang paling cocok dengan kondisi kita. Saat kamu bisa mengatasinya dengan baik, anak-anak akan melihat contoh terbaik memberikan perlindungan diri.

Itu tadi enam cara mengatasi kecemasan untuk ibu selama pandemi**

Spread the love