081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Cara Sehatkan Keuangan Setelah Lebaran, Simak Tipsnya

Cara Sehatkan Keuangan Setelah Lebaran, Simak Tipsnya

Haidiva.com- Banyak dari kita mengalami masalah keuangan setelah Hari Raya Idul Fitri meski tak pulang kampung atau mudik. Tabungan terkuras untuk membeli baju baru, renovasi rumah, uang salam tempel, hingga berbagi dengan sesama. Karena itulah, kita perlu membuat sehat keuangan setelah Lebaran  berlalu.

“Langkah awal dari melakukan perencanaan keuangan adalah mengetahui kondisi kesehatan keuangan saat ini, dan mendapatkan rekomendasi untuk memperbaiki kondisi buruk dan mempertahankan kondisi yang sudah baik,” kata Financial Educator Lifepal, Aulia Akbar, CFP®, dikutip dari siaran pers.

Berikut tips menyehatkan keuangan pasca-Lebaran.

Cek kesehatan keuangan

Cara Sehatkan Keuangan Pasca-Lebaran (LifePal)

Cara untuk mengetahui kesehatan kita adalah dengan mengenali sejumlah nilai atau rasio kesehatan keuangan. Beberapa di antaranya, ketersediaan dana darurat, nilai arus kas, nilai kekayaan bersih rasio utang berbanding aset, rasio aset lancar berbanding kekayaan bersih, rasio aset investasi berbanding kekayaan bersih dan lain sebagainya.

Baca juga: Atur keuangan saat tidak dapat THR

Gunakanlah skala prioritas

Cara Sehatkan Keuangan Pasca-Lebaran (LifePal)

Setelah mengetahui kondisi kesehatan keuangan kita, segera buat prioritas untuk memperbaiki kesehatan keuangan. Misalnya, fokus pada ketersediaan dana darurat dalam keluarga. Bila hal itu sudah aman, selanjutnya uang bisa dialihkan pada investasi.

Jangan habiskan THR

COVID-19 Bikin Keuangan Milenial Berantakan, Begini Cara Mengatasinya
Cara sehatkan keuangan pasca-lebaran (istimewa)

Memang tak salah melakukan self reward dengan memanfaatkan THR untuk membeli barang yang kita inginkan atau melakukan aktivitas lain. Namun, alangkah baiknya Kamu memanfaatkan dana segar itu guna menyehatkan keuangan pasca-Lebaran

Baca juga: Atur keuangan saat pasangan kehilangan pekerjaan

Dalam kasus di atas, uang THR tentu sangat berguna untuk menambah dana darurat dan membayar premi asuransi jiwa. Sebelum sebelum memilih asuransi jiwa, lakukan perhitungan terhadap uang pertanggunganmu.

Catat pengeluaran

Cara sehatkan keuangan setelah Lebaran (istimewa)

Jika  memang pengeluaran di tahun ini terlihat besar, maka Kamu bisa melakukan penyesuaian pengeluaran untuk mempersiapkan diri di Ramadan 2022 mendatang. Catat semua pengeluaran selama Lebaran dan evaluasi kembali pos yang bisa dikurangi maupun dialihkan untuk keperluan lain.

Nah, mudah kan mengatur keuangan agar tetap sehat setelah Lebaran. Pastikan Kamu membelanjakan keuangan sesuai kebutuhan.

Spread the love