Hoaks, Ada Pasien Virus Corona di Indonesia

Hoaks, Ada Pasien Virus Corona di Indonesia

Haidiva.com-Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranti mengatakan tidak ada penderita yang positf terkena virus corona di Indonesia. Dilansir dari Kantor Berita Antara, Ahad, 26 Januari 2020, informasi yang berkembang bahwa ada pasien di Indonesia yang terkena virus corona itu hoaks atau kabar palsu.

“Tidak ada yang disuspek, ayo hidup sehat, jaga kesehatannya tidak akan ketularan,” ujar Terawan.

Sementara menyinggung kebijakan memperlakukan travel warning pada warga Tiongkok ke Indonesia ataupun sebaliknya, tentu akan dijelaskan kemudian .
Namun yang jelas, paparnya, mengenai kebijakan peringatan perjalanan wisata tersebut ditentukan oleh WHO dan yang menjadi representasi pemerintah. 

Dikutip dari akun Kementerian Kesehatan, novel coronavirus merupakan virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan. Virus corona ini satu keluarga dengan SARS dan MERS.

Gejalan klinis yang Nampak ialah demam, batuk pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, dan letik lesu. Sampai saat ini, belum ada vaksin yang diciptakan untuk virus corona. Cara mencegah virus corona ialah dengan sering cuci tangan pakan sabun, gunakan masker bila batuk atau pilek, konsumsi gizi seimbang, perbanyak sayur dan buah. Rajin olah raga dan istirahat cukup sangat diperlukan. Hindari makan daing yang tidak dimasak. Ketika mengalami gejala batuk dan pilek, segera ke dokter.**

Spread the love