081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Kampanye Hidup Lebih Sehat, Bikin Roti Sourdough dari Ragi Alami

Kampanye Hidup Lebih Sehat, Bikin Roti Sourdough dari Ragi Alami

Haidiva.com Ladang Lima tak pernah kehabisan ide untuk mengampanyekan hidup lebih sehat. Seperti momen Hari Kemerdekaan  RI ke 79, produsen makanan sehat ini mengajak untuk membuat roti sourdough bersama Chef Risma Widyastuti, BBA yang dikenal dengan panggilan Chef Rismagood, Diploma in Gastronomy, Nutrition, and Food Trends Le Cordon Bleu Paris.

Lebih Sehat, Sourdough Pengganti Roti Putih

Roti sourdough sendiri ialah pengganti roti putih yang lebih sehat. Sourdough merupakan jenis roti yang dibuat dengan kombinasi tepung dan air yang telah difermentasi selama beberapa hari. Sourdough atau adonan asam dibuat bersama lactobacilli dan ragi alami.

Makin Aware, 500 Peserta Baking Antusias Bikin Menu Sehat

Kegiatan yang dilakukan secara online ini mendapat antusias penuh, terbukti sekitar 500 peserta menghadiri baking class yang dihelat selama dua hari.

Di hari pertama, chef Risma mengajarkan para peserta untuk membuat roti gluten free berupa donat, bakpao, gamchi dan pizza base. Sedangkan untuk hari kedua, materi yang diajarkan yaitu cara membuat gluten free sourdough. Peserta pun dapat membuat olahan gluten free bread yang tak kalah dengan yang dijual di bakery ternama.

Ternyata pembuatan ragi alami ini sangat selaras dengan hidup sehat, ketika manusia menjaga alamnya, lingkungannya, makan bakteri baik cikal bakal sourdough gluten free akan mudah dibuat. Chef Risma mengajarkan semua cara basic pembuatan, namun juga disertakan banyak teori yang dapat dipelajari. Bahkan, ada cara untuk membuat roti sourdough ini tidak menjadi terlalu asam.

Gunakan Tepung Gluteng Free Mocaf Ladang Lima

Resep-resep yang diciptakan oleh Chef Risma menggunakan berbagai jenis tepung gluten free lokal, salah satunya Mocaf dari Ladang Lima. Mocaf (Modified Cassava Flour) atau yang lebih dikenal dengan tepung gluten free yang dapat diaplikasikan untuk banyak olahan makanan yang hasilnya hampir setara dengan menggunakan terigu protein rendah. Ladang Lima memproduksi tepung mocaf yang berasal dari singkong pilihan hasil dari para petani lokal. Singkong yang digunakan dirawat dan dibudidayakan secara natural. Tepung berbahan alami ini diolah melewati proses fermentasi sehingga menghasilkan tepung gluten free berkualitas tinggi, kaya serat, dan tanpa bahan pengawet.

“Dengan adanya kelas-kelas olahan gluten free seperti ini, harapannya kedepan akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang tahu tentang betapa kayanya negeri Indonesia ini. Banyak sekali dan beraneka ragam bahan pangan bebas gluten yang dapat dibuat tepung lalu diolah menjadi olahan jajanan sehat yang menyerupai produk bakery dan pastry konvensional”

Ajak Lebih Teliti, dari Proses Olah Hingga Bahan Makanan

Tidak hanya tentang tepung, semua bahan di dalam resep dijelaskan dan dipandu agar menggunakan yang senatural mungkin. Chef Risma menekankan kepada peserta tentang mengenali makananmu sendiri, sehingga saat menggunakan bahan pangan yang sedang kita olah tidak hanya memperhatikan bahan itu sendiri, namun darimana bahan itu berasal, bagaimana proses bahan diolah, cara menanamnya pun kalau bisa kita harus tahu agar apa yang masuk ke tubuh kita adalah sebaik – baiknya membawa manfaat. 

Sejalan untuk menciptakan hidup yang lebih sehat memang tidak sekedar gluten, tapi juga mulai menggunakan gula natural, tanpa pengembang pengemulsi, tanpa pewarna sintetik, tanpa artificial flavour, tanpa pengawet, namun masih enak untuk dimakan dan tidak kalah dengan rasa konvensional.

Gandeng Chef Rismagood, Temukan Resep Gluteen Free dari Berbagai Negara

Sebagai informasi, Chef Risma mempunyai cara unik untuk menemukan resep-resep gluten free, yaitu dengan mencicipi bakery gluten free dari  berbagai negara. untuk menciptakan resep roti dan pastry pun, Chef Risma rela belajar sampai ke Paris, Perancis.

Spread the love